Tekno  

Cara Membuat Akun di Mastodon, Medsos Saingan Twitter

Cara Membuat Akun di Mastodon

Kliktangerang.com – Mastodon saat ini sedang menarik perhatian pengguna internet di indonesia. Ini diawali dengan banyak user Twitter yang beralih ke platform ini, setelah Twitter diakuisisi oleh Elon Musk.

Hal inilah yang membuat mereka berbondong-bondong menghapus akun Twitter. Jadi, apa itu Mastodon? dan bagaimana cara membuat akun Mastodon? Mari kita bahas dibawah ini.

Apa itu Mastodon?

Mastodon adalah jejaring sosial di internet dengan mengusung konsep mikroblog. Mastodon sendiri dibuat pada tahun 2016 oleh Eugen Rochko, seorang pengembang perangkat lunak Jerman.

Jejaring sosial ini digadang-gadang akan mengikuti popularitas Twitter, hingga bisa menggantikannya setelah banyak artis dan tokoh dunia yang mulai beralih ke Mastodon.

Mastodon open source yaitu bisa digunakan oleh siapa saja, karena merupakan organisasi nirlaba. Antarmukanya mirip dengan Twitter, dimana pengguna dapat berbagi diposting multimedia, seperti video dan foto serta membuat ‘tweet’ dengan max 500 karakter.

Ide pembuatan logo Mastodon konon terinspirasi dari hewan ‘gajah raksasa’ yang telah punah. Jejaring sosial ini juga menawarkan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis oleh pengguna Android dan iPhone.

Hingga saat ini 14 November 2022, ada 500 ribu orang yang mencoba aplikasi ini. Dengan ukuran yang tidak lebih dari 2 MB, namun Mastodon ternyata hanya dapat rating rendah yaitu 2,5 bintang.

Selain itu, Mastodon juga mendukung berbagai fungsi global seperti di Twitter. Contohnya berkomentar, berbagi diposting, hashtag, dan bookmark.

Berbicara tentang kelebihan Mastodon ialah, pengguna dapat memodifikasi sesuka hati atau mendapatkan kode platform ini tanpa mengungkapkan sumber aslinya.

Cara membuat akun Mastodon

Nah, untuk cara membuat akun di Mastodon, pengguna harus mempersiapkan email. Anda bisa mengunakan dari berbagai provider, seperti Gmail, Yahoo Mail, dan Hotmail.

Baca juga:   Cara Cek Kode Pos dan Pasang Set Top Box

Sedangkan untuk langkah membuat akun Mastodon adalah sebagai berikut:

1. Pertama buka browser di hp maupun laptop dan kunjungi situs-nya di https://mastodon.social Atau, bisa juga instal aplikasi Mastodon melalui Play Store atau App Store.

2. Klik tombol ‘Daftar’ atau ‘Create Account’

3. Kemudian isi data yang diminta yaitu email, username, dan password.

4. Centang S&K yang berlaku lalu mengklik ‘Daftar’.

5. Verifikasi akun dengan mengklik link atau tautan yang dikirim ke email Anda.

Sampai disini Anda sudah berhasil membuat akun Mastodon, selanjutnya pengguna perlu melengkapi informasi tentang profilnya.

Caranya dengan mengkik menu ‘Edit profil’, Anda dapat mengganti gambar dengan avatar atau foto Agar lebih banyak orang dapat mengakses akun Anda.

Sekarang Anda bisa langsung membuat toot yang merupakan istilah tweet di Mastodon, dengan lebih panjang 220 karakter daripada Twitter.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat akun di Mastodon yang cukup ramai di perbincangkan sebagai alternatif media sosial Twitter. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *