Tekno  

Hati-hati Tertipu, Ini Ciri-ciri Set Top Box Palsu

Hati-hati Tertipu Set Top Box Palsu, Ini Ciri-cirinya

Kliktangerang.com – Set Top Box (STB) merupakan perangkat tambahan yang digunakan untuk menangkap sinyal digital.

Saat ini, STB banyak menjadi incaran khususnya bagi warga Jabodetabek pascasiaran tv analog di matikan pada 2 November 2022, lalu.

Diburunya STB ini membuat keberadaannya cukup langka di toko-toko elektronik, sehingga masyarakat beralih membeli via toko online.

Namun, tak jarang bertebaran penipuan berkedok penjualan STB di toko-toko online. Berikut adalah ciri-cirinya seperti dilansir dari fin.co, Sabtu 3 Desember 2022:

1. Harga dijual murah.

Ciri yang pertama, biasanya penipuan berkedok penjualan online akan memasang harga miring yang sangat jauh berbeda dengan harga normal di pasaran.

Harga set top box merk Matrix dijual Rp250 tibu hingga 300 ribu, namun para pelaku penipuan menjualnya dengan harga Rp30 ribu dan 60 ribu.

Jika mendapati harga seperti itu, harus menaruh curiga lantaran dapat dipastikan penipuan.

2. Tidak dapat COD, Transaksi Melalui WhatsApp. 

Penipuan biasanya enggan untuk bertransaksi melalui rekening bersama. Seperti shopee atau yang lainnya. Mereka kerap meminta korban untuk menggunakan aplikasi lain seperti WhatsApp.

Jika Anda menemukan penjual seperti ini maka waspada diduga penipuan.

3. Menggunakan testimoni palsu.

Cara ini merupakan salah satu yang sering digunakan oleh para pelaku penipuan untuk memperdaya korbannya.

Dengan testimoni palsu, korban akan beranggapan bahwa barang yang dijual tersebut memang sahih adanya seperti itu.

Untuk melakukan modus tersebut, biasanya pelaku akan menggunakan beberapa akun palsu guna memberi testimoni terkait pengiriman, harga, kualitas barang dan lainnya.

Itulah beberapa ciri penipuan berkedok penjualan STB online. Karena itu, ada baiknya membeli secara langsung di toko-toko terdekat.

Atau jika membeli di online dengan rekening bersama seperti shopee, lazada, dan tokopedia dan lainnya deng harga yang normal.

Baca juga:   Waspadai Jejak Digital saat Aktif di Media Sosial

Sebagai informasi, pemerintah telah resmi melakukan Analog Switch Off (ASO) di 25 kabupaten/kota termasuk Jabodetabek.

Kebijakan ini dilakukan bertahap hingga semua wilayah di Indonesia menggunakan siaran televisi digital. Meski begitu, Pemerintah pun telah membagikan set top box secara gratis bagi warga kurang mampu.

Nah, itulah beberapa ciri Set Top Box palsu. Semoga bermanfaat agar kita lebih hati-hati dalam memilih STB secara online maupun di toko.

Source: TangerangNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *