Apa Benar Kutil Muncul Gara-gara Cipratan Darah Ayam?

Kutil jadi salah satu masalah kulit yang mengganggu. Tapi kutil ini bisa tumbuh kapan saja, dimana saja, dan kemunculannya juga tak bisa diprediksi.

Kliktangerang.com – Kutil┬ájadi salah satu masalah kulit bikin kepercayaan diri seseorang turun. Kutil ini dapat tumbuh kapan saja, dimana saja, dan kemunculannya juga┬átak dapat diprediksi.

Bahkan sebagian masyarakat percaya, kutil dapat tumbuh karena terciprat darah saat memotong ayam. Apa sahih cipratan darah ayam dapat menyebabkan kutil?

Dokter spesialis kulit dan kelamin di Rumah Sakit Pondok Indah, Vinia Ardiani Permata membantah hal tersebut. Menurut dia, tak ada kaitannya antara kutil dan cipratan darah ayam yang menempel di kulit.

“(Kutil) Tidak berhubungan dengan darah ayam,” kata Vinia dalam video pendek di akun YouTube RSPI, Jumat (24/2). CNNIndonesia.com telah meminta izin untuk mengutip tayangan tersebut.

Kata dia, kutil dapat muncul karena infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV). Jadi tak ada kaitannya dengan darah ayam yang dapat terciprat saat memotong atau membersihkan ayam untuk dimasak.

“Penyebabnya itu infeksi HPV,” Katanya.

Mengutip situs resmi Mayapada Hospital, kutil dapat tumbuh saat virus yang dapat membuat keratin atau protein keras pada lapisan kulit tumbuh berlebihan. Biasanya, virus ini menular melalui kontak langsung antara kulit.

Virus penyebab kutil juga dapat menyebar melalui penggunaan barang secara bersamaan. Misalnya handuk hingga sepatu. Tentunya, saat muncul kutil di tubuh dia dapat muncul di anggota tubuh lain. Mengingat kutil dapat menyebar jika digaruk, dan tangan bekas menggaruk menyentuh anggota tubuh lain.

Tapi jangan khawatir, sebab pada dasarnya kutil bukan penyakit yang berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya.

 

Source: cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *