Ada 166 Atlet Catur Ikuti Pertandingan Internasional di Tangerang

166 Atlet Catur Ikuti Pertandingan Internasional di Tangerang

Kliktangerang.com – Benteng Kelapa Dua (BKD) Chess Club Tangerang menggelar pertandingan catur junior tingkat internasional di Lantai 11 ruang auditorium Universitas Gunadarma, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Jumat 27 Januari 2023.

Pertandingan dalam rangka ulang tahun ke-3 Benteng Kelapa Dua (BKD) Chess Club ini, diikuti oleh 166 atlet catur nasional maupun mancanegara, meliputi Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Ketua BKD Tangerang Brigjen TNI Amrizar mengatakan, pertandingan catur internasional ini diadakan guna meningkatkan kemampuan olahraga catur dari para atlet.

“Kejuaraan ini yang diperebutkan sesahihnya kan rating, walaupun ada hadiah itu hanya mengikuti saja,” ujar Amrizar kepada TangerangNews.com, Jumat 27 Januari 2023.

Amrizar menekankan pentingnya rating bagi para atlet catur atau yang disebut dengan ELO rating. Sebab, jika seorang atlet catur tidak memiliki rating artinya ia belum pernah mengikuti kejuaraan FIDE rating.

“Seperti sekarang, banyak atlet catur itu hebat dan jago bermain, tetapi ketika ditanya ELO ratingnya tidak sedikit juga dari mereka yang tidak tahu. Kan ini sangat disayangkan sekali,” kata Amrizar.

Untuk memperebutkan ELO rating, perlu untuk menghadirkan pecatur-pecatur handal dari mancanegara agar pecatur dalam negeri dapat memperoleh bobot dan rating yang lebih tinggi.

Amrizar mengajak seluruh komunitas lain maupun para pecinta catur Indonesia agar kedepannya turut serta menyelenggarakan pertandingan FIDE rating seperti ini.

“Mudah-mudahan ini dapat berlanjut, dan kedepannya dapat mendatangkan master-master Internasional, sehingga master-master nasional kita dapat melawan mereka,” tuturnya.

Sementara itu salah satu peserta, Steven mengaku antusias terhadap terselenggaranya pertandingan catur junior tingkat internasional tersebut.

“Ya, kadang kalau melihat lawan yang ratingnya lebih tinggi, sedikit merasa minder,” ujar atlet catur dari SMP Penabur Gading Serpong Tangerang tersebut.

Demi mempersiapkan pertandingan, Steven kerap melakukan latihan dengan menyelesaikan puzzle guna melatih kemampuan berpikirnya, serta membaca strategi opening dalam catur.

“Semoga dapat terus berlanjut kedepannya dapat terselenggara lagi agar catur Indonesia menjadi lebih baik lagi,” tukasnya.

 

Source: TangerangNews

Ikuti artikel dan berita terbaru dari Kliktangerang.com via Google News
Exit mobile version