8 Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia

8 perguruan pencak silat terbesar di indonesia

Kliktangerang.com – Pencak silat adalah olahraga asli Indonesia yang ditetapkan sebagai warisan dunia tak benda. Dikutip dari KBBI, pencak silat yang terdiri dari dua kata memiliki arti berbeda.

Pencak merupakan permainan (keahlian) untuk mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, mengelak, dan sebagainya.

Sementara silat seni bela diri khas Indonesia dengan ketangkasan membela diri dan menyerang untuk pertandingan atau perkelahian.

Praktik pencak silat biasanya diajarkan dalam sebuah perguruan. Seiring waktu, peminat olahraga ini makin banyak hingga beberapa perguruan berhasil membuka cabang di luar negeri.

Perguruan Pencak Silat Indonesia Terbesar

1. IKSPI Kera Sakti

Pusat Pendidikan IKSPI Kera Sakti terletak di Desa Buduran, Kabupaten Madiun. Perguruan ini didirikan pada tanggal 15 Januari 1980 oleh Bapak Totong Kiemdarto, yang merupakan pengikut aliran kung fu utara dan juga mendapatkan pengaruh dari pendekar Tiongkok yang tinggal di Indonesia.

Setiap empat bulan sekali, IKSPI Kera Sakti melakukan proses pengesahan yang dapat dilakukan secara jarak jauh, baik di pusatnya di Madiun maupun di cabang-cabangnya yang tersebar di berbagai negara seperti Timor Leste, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Korea Selatan, dan bahkan Irlandia.

2. Perguruan Setia Hati Terate (PSHT)

Perguruan Setia Hati Terate didirikan oleh Ki Hajar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 dan hingga saat ini telah berkembang pesat. Menurut situs Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, PSHT memiliki 28 cabang di luar negeri.

Cabangnya yang berada di luar negeri saat ini beberapa diantaranya ada di Belanda, Rusia, Malaysia, Timor Leste, Hongkong, Korea Selatan, Jepang, Belgia, hingga Prancis. PSHT saat ini juga memiliki sekitar 3.058 cabang yang berada di Indonesia.

3. Setia Hati Winongo

Setia Hati Winongo adalah perguruan pencak silat terbesar kedua di Indonesia yang berpusat di kota Madiun. Perguruan ini didirikan pada tanggal 15 Oktober 1966 oleh Raden Djimat Hendro Soewarno.

Saat ini, Setia Hati Winongo memiliki jumlah pengikut terbesar ketiga di Madiun dan cabangnya bahkan menyebar hingga ke luar negeri, termasuk di Perancis dan Belanda.

4. Pagar Nusa

Menurut situs etheses.uin-malang.ac.id, pada tahun 1986 di Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, seorang pendekar dan masyayikh meminta Gus Maksun Jauhari untuk mempersiapkan lahirnya organisasi pencak silat yang diberi nama Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama “Pagar Nusa”. Organisasi ini juga dikenal dengan akronim “Pagarnya Ulama dan Bangsa”.

Hingga saat ini, Pagar Nusa telah menjadi salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia dengan jumlah cabang dan pendekar terbanyak.

Selain itu, Pagar Nusa juga memiliki cabang di luar negeri, seperti di Malaysia, Azerbaijan, Austria, Maroko, Mesir, Tunisia, Swiss, dan negara lainnya.

5. Merpati Putih

Merpati Putih adalah seni beladiri tangan kosong yang didirikan pada tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta oleh Sang Guru Saring Hadi Purnomo. Seni beladiri ini berasal dari keluarga keraton.

Awalnya, Merpati Putih hanya diajarkan kepada kalangan militer dan protokoler pemerintahan, tetapi saat ini juga diajarkan untuk umum.

Cabang dari Merpati Putih telah tersebar di Belanda, Amerika Serikat, Filipina, dan Jepang. Informasi ini dikutip dari situs UKM UGM.

6. Perisai Diri

Menurut situs resminya, Perisai Diri didirikan secara resmi pada tanggal 2 Juli 1955 di Surabaya, Jawa Timur oleh almarhum RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, seorang putra bangsawan dari Keraton Paku Alam. Selain cabang di dalam negeri, Perisai Diri juga memiliki cabang di Australia dan beberapa negara di Eropa.

Teknik silat Perisai Diri mencakup unsur dari 156 aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia, ditambah dengan aliran Shaolin (Siauw Liem) dari Tiongkok. Beberapa teknik yang diajarkan antara lain teknik Minangkabau, Meliwis, Naga, dan Harimau.

7. Tapak Suci

Dikutip dari situs resmi kemahasiswaan ITB, Tapak Suci didirikan pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383H atau 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. Organisasi ini memiliki cabang yang tersebar di berbagai wilayah.

Tapak Suci adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang menjadi salah satu penggagas anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Perguruan ini termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan IPSI sebagai organisasi.

8. Pencak Organisasi atau PO

Dikutip dari digilib.unesa.ac.id, Pencak Organisasi didirikan pada tanggal 27 Agustus 1927 di kota Lumajang oleh Guru Besar Mayjend Raden Imam Soedja’i.

Pencak Organisasi didirikan sebagai sayap dari Partai Sarekat Islam di Lumajang pada masa pergerakan nasional untuk melawan penjajah.

Nah itu dia informasi 8 Perguruan Pencak Silat Terbesar di Indonesia yang banyak memiliki cabang di luar negeri. Semoga bermanfaat…

Exit mobile version