Tekno  

Tempe Mendoan, Gorengan Favorit Jadi Google Doodle

Tempe Mendoan, Gorengan Favorit Jadi Google Doodle

Kliktangerang.com – Google Doodle hari ini, Sabtu, 29 Oktober 2022, menampilkan tempe mendoan sebagai temanya.

Makanan hasil fermentasi kedelai yang kaya akan protein bergizi asli Indonesia itu diketahui telah berusia 400 tahun.

Tempe diolah menjadi berbagai olahan seperti salah satunya adalah tempe goreng yang telah menjadi Warisan Budaya Tak Benda pada 2021.

Salah satu variasi tempe goreng adalah tempe mendoan seperti yang saat ini menjadi tema Google Doodle, berbeda dengan tempe goreng pada biasanya yang krispi, tempe mendoan lebih lembel namun lebih kaya akan rasa.

Sebagai informaasi, dokumentasi tempe pertama kali dilakukan pada tahun 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia dan tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa, ditulis dalam bentuk syair dan diterbitkan pada tahun 1814.

Karya Google Doodle tempe mendoan itu diilustrasikan oleh Reza Dwi Setyawan yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, untuk merayakan tempe mendoan sebagai salah satu makanan ikonik Indonesia.

Di Tangerang, Tempe Mendoan pun menjadi salah satu makanan yang difavoritkan, banyak usaha kecil dan mikro yang menjual tempe mendoan tersebar mulai dari usaha sampingan di teras rumah sendiri ataupun menyewa tempat di toko-toko retail. 

Bahkan, beberapa kafe pun menyediakan tempe mendoan sebagai salah satu menunya, seperti kafe Rooftop 8 di Jalan Beringin Raya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang dan masih banyak kafe-kafe lainnya.

Tak hanya itu, di Tangerang ada satu wilayah bernama Kampung Tempe yang berada di lingkungan RT 03, RW 02, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, sebagian besar warga di lingkungan itu berprofesi sebagai pengrajin tempe sejak 1980-an.

Baca juga:   Lika Liku Bisnis Warga Poris Tangerang Sang Founder Maomao dan Munim

Source: TangerangNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *