PEMSEA Kabupaten Tangerang Hadapi 4 Tantangan dalam Penerapan ICM

PEMSEA Kabupaten Tangerang Hadapi 4 Tantangan dalam Penerapan ICM

Kliktangerang.com – Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) menghadapi sedikitnya tantangan dalam penerapan praktik pengelolaan pesisir terpadu (ICM) meski sudah dipersiapkan dengan baik. Namun, Direktur Eksekutif PEMSEA, Aimee Gonzales, menyebutkan empat tantangan tersebut masih bisa diatasi dengan baik.

“Tantangan pertama dan yang memang sangat penting adalah adanya sumber daya dan kapasitas yang terbatas,” kata Aimee pada sesi ICM Forum di Atria Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu (26/10/2022).

Tantangan kedua adalah kerangka kerja yang saling bersaing. Ada begitu banyak kerangka kerja yang diperkenalkan setiap lembaga dan memiliki istilah dan konteks favorit mereka sendiri saat mempromosikan visi yang sama tentang pembangunan pesisir berkelanjutan.

Tantangan ketiga yakni integrasi yang buruk dari ICM, adaptasi perubahan iklim, dan manajemen risiko bencana dalam kerangka dan rencana pembangunan yang ada. Beberapa melakukan lebih baik daripada yang lain, tetapi dalam banyak penelitian masih menunjukkan bahwa mereka tidak terintegrasi erat.

Tantangan keempat adalah pemerintah daerah membutuhkan dukungan yang lebih besar dari pemerintah provinsi dan nasional. Dukungan tersebut sangat dibutuhkan khususnya untuk melaksanakan kerangka kerja dan rencana ICM.

“Jadi di Indonesia saya senang ada perwakilan dari Kementerian Pertanian dan Perikanan di sini serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Saya pikir pemerintah daerah masih membutuhkan dukungan dan bimbingan Anda di tingkat nasional,” katanya.

PEMSEA Network of Local Government (PNLG) Forum 2022 diselenggarakan secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang pada 25-29 Oktober 2022. PEMSEA adalah organisasi kemitraan lintas pemerintahan dalam pengelolaan lingkungan hidup pesisir dan lautan di Asia Timur.

PEMSEA adalah singkatan dari Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia. Forum jaringan pemerintah daerah (kabupaten/kota/provinsi) dari negara-negara anggota PEMSEA mengadakan pertemuan tahunan dengan nama PNLG Forum. Kini dalam PNLG tergabung 53 pemerintahan daerah (local government) dari 11 negara anggota dan 3 mitra di Asia Timur.

Baca juga:   Bupati Tangerang Resmikan Kampung Tematik Waru Brilian Bojong Renged

Source : BantenNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *