Marine Cloud Berguna untuk Pengelolaan Pesisir yang Lebih Modern

Marine Cloud Berguna untuk Pengelolaan Pesisir yang Lebih Modern

Kliktangerang.com – Prof Chen Nengwang, Direktur Marine Monitoring and Information Service Center, Coastal and Ocean Management Institute, Xiamen University, China, mengatakan, setiap wilayah mempunyai laut sangat luas untuk dipantau. Saat ini, dia pun sedang mengembangkan platform pemantauan laut berbasis cloud. Dilabeli Marine Cloud, Nengwan menyebut, sistem ini dapat meningkatkan pengelolaan pesisir terpadu (ICM) dengan basis Internet of Things (IoT).

“Dengan sistem ini bakal mendukung pengumpulan dari pemantauan, serta mengontrol berbagai informasi untuk membentuk serangkaian produk informasi yang dibutuhkan dalam ICM,” ujarnya secara virtual.

Ada beberapa manfaat dalam penggunaan Marine Cloud, yakni dapat memantau ekologi kualitas air. Sistem ini akan secara otomatis memberikan peringatan dini apabila terjadi anomali dengan parameter tertentu.

Selain itu, Marine Cloud dapat mengidentifikasi organisme laut dengan sistem kamera di bawah air. Mulai dari spesies, habitat, dan kebiasaan dari organisme yang ada di laut. informasinya pun dapat ditampilkan secara real time.

“Sistem ini sudah diterapkan di Dongshan Cor Reserve di Provinsi Fujian,” kata Nengwan dalam keterangannya, Sabtu (30/10/2022).

Oleh karenanya, Nengwan mendorong kepada pemerintah daerah dapat mengimplementasikan teknologi pada ICM. Sehingga, pengelolaan pesisir dapat lebih efisien dan tepat sasaran.

Source: BantenNews

Baca juga:   Polresta Tangerang Tangkap 8 Pelaku Ranmor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *