Berita  

Link dan Cara Cek Penerima Set Top Box (STB) Gratis di Jabodetabek

Link dan Cara Cek Penerima Set Top Box (STB) Gratis di Jabodetabek

Kliktangerang.com – Pemerintah telah menghentikan siaran televisi analog di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sejak Rabu (2/11/2022).

Kendati demikian, warga Jabodetabek tak perlu khawatir soal penghentian siaran analog ini apabila tidak memiliki TV digital. masyarakat dapat menggunakan set top box (STB) sebagai alat bantu siaran digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membuka posko informasi yang bisa dimanfaatkan warga rumah tangga miskin di wilayah Jabodetabek untuk memperoleh STB secara gratis.

Bantuan STB hanya untuk rumah tangga miskin ekstrem (RTM) yang nama dan alamatnya tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Selain itu,mereka dinyatakan sudah diverifikasi dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, masyarakat yang tergolong RTM bisa mendapatkan bantuan STB apabila telah terdaftar dalam data carik desil 1 Provinsi DKI Jakarta.

Melansir dari situs resmi Kementerian Kominfo, masyarakat yang tergolong RTM dan ingin mengajukan STB bantuan bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Membuka link https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/
  2. Memasukkan NIK (nomor induk kependudukan) dan kode captcha pada kolom yang tersedia
  3. Klik “Pencarian”
  4. Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli.
  5. Jika mengalami kendala dalam mengakses website, masyarakat dapat menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko.

Hingga 3 November 2022, Kementerian mengeklaim sebanyak 476.088 unit atau 99,3 persen dari target 479.307 unit STB telah terdistribusikan kepada penerima bantuan di wilayah Jabodetabek.

Source: Kompas.com

Baca juga:   Tuntut Upah 2023 Naik 24,5%, Buruh se-Banten Bakal Mogok dan Demo Besar-besaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *