Dalam 1 Hari Masyarakat Kabupaten Tangerang Hasilkan 2.000 Ton Sampah

Sehari Warga Kabupaten Tangerang Hasilkan 2.000 Ton Sampah, Cuma 800 Ton Bisa Diangkut

Kliktangerang.com – Masyarakat Kabupaten Tangerang hasilkan 2.000 sampah dalam 1 hari. Namun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) hanya dapat mengangkut sekitar 800-1.000 ton saja.

“2.000 ton dalam sehari, yang dapat kita angkut itu sekitar 800 ton sampai 1000 ton saja. Karena apa, karena ada juga yang diambil sama bos limbah, ada yang diambil botol-botolnya,” ucap Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Achmad Taufik saat acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Selasa, 21 Februari 2023 .

Dia menyebutkan, pihaknya hanya mempunyai 120 truk sampah di Kabupaten Tangerang dan 40 truk di Kecamatan.

“Idealnya untuk mengangkut 2.000 ton itu harus mempunya 800 truk. Penyelesaian sampahnya berada di tempat pembuangan akhir (TPA),” katanya.

Maka dari itu, pihaknya mempunyai program TPS 3R (Reduce, Reuse, Recycle)  yang nantinya keterbatasan armada itu dapat ditekan, namun sampah terangkut semua.

“TPS 3R untuk mengurangi sampah ke TPA, sehingga tidak lagi membutuhkan 800 armada. Ada pemilihan dan daur ulang,” ujar Taufik.

Dia juga mengatakan, di Kabupaten Tangerang ada 114 unit bank sampah dan akan terus disosialisasikan agar jumlahnya terus meningkat.

“Karena peran serta masyarakat ini sangat sangat bermanfaat dan dibutuhkan. Dalam rangka pengurangan sampah yang dibuang ke TPA,” katanya.

Bank sampah ini juga dapat membantu kebutuhan-kebutuhan yang ada dimasyarakat, seperti untuk membeli pulsa listrik dan kebutuhan lainnya.

“Yang dikumpulkan teman-teman bank sampah itu adalah yang bernilai ekonomi, seperti kemasan air mineral, kardus, dan dapat¬† juga potongan-potongan besi,” pungkasnya.

 

Source: TangerangNews

Baca juga:   Cara Berobat Gratis Pakai KTP di Kabupaten Tangerang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *