Cara Freeze Kolom dan Baris di Excel

Cara Freeze Kolom dan Baris di Excel

Kliktangerang.com – Bagi kamu yang sering menggunakan Microsoft Excel, pasti sudah familiar dengan fitur Freeze Panes. Dengan fitur ini, kamu dapat mengunci baris atau kolom di lembar kerja Excel untuk tetap terlihat saat menggulir.

Fitur ini juga memungkinkan beberapa bagian tabel untuk tetap terlihat saat kamu melakukan pengguliran. Untuk memahaminya lebih baik, mari simak langkah-langkah cara menggunakan Freeze Kolom dan Baris di Excel, berikut ini.

Apa itu Freeze Panes dalam Microsoft Excel?

Freeze Panes pada Excel berperan mengunci kolom dan/atau baris saat pengguliran ke atas atau ke bawah pada lembar kerja. Dengan ini, kolom dan/atau baris yang terkunci akan tetap terlihat di layar tanpa bergeser.

Freeze Panes pada Excel terletak di bagian atas tab jendela Microsoft Excel. Untuk mengaktifkannya, klik tab View, lalu pilih opsi Freeze Panes dari menu drop-down. Saat Freeze Panes sudah aktif, Excel akan menandai letak penguncian lembar kerja dengan garis tipis.

Cara Freeze Excel Kolom dan Baris

Merujuk pada situs Microsoft, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan jika kamu ingin mengunci kolom dan baris pada Excel.

1. Freeze Kolom di Excel

  • Buka aplikasi Microsoft Excel di komputer atau laptop.
  • Selanjutnya, kamu dapat membuka file yang sudah ada atau membuat lembar kerja baru.
  • Untuk mengunci hanya kolom pertama, klik tab ‘Tampilan’, lalu pilih ‘Bekukan’ dan opsi ‘Bekukan Kolom Pertama’.
  • Jika ingin mengunci dua kolom atau lebih, pilih kolom ketiga atau kolom setelahnya, lalu klik ‘Tampilan’, tekan ‘Bekukan Panel’, dan pilih ‘Bekukan Panel’.
  • Dengan demikian, secara otomatis kolom tersebut akan terkunci, memungkinkan pengguliran ke samping tanpa kehilangan kolom pertama dari tampilan.

2. Freeze Baris di Excel

  • Pada lembar kerja Microsoft Excel yang sedang terbuka, klik tab ‘Tampilan’ dan pilih opsi ‘Bekukan Panel’.
  • Kemudian, pilih ‘Bekukan Baris Atas’.
  • Jika ingin mengunci dua baris paling atas atau lebih, pilih baris ketiga atau baris setelahnya.
  • Setelah itu, klik tab ‘Tampilan’, lalu tekan ‘Bekukan Panel’.
  • Terakhir, pilih ‘Bekukan Panel’. Dengan langkah ini, saat kamu menggulir ke bawah, baris tersebut akan tetap ditampilkan di tempatnya.
  • Dengan demikian, proses pengisian data yang kamu kerjakan akan menjadi lebih mudah.

Cara Cepat Freeze Excel Kolom dan Baris

Cara untuk mengunci kolom dan baris pada Excel adalah dengan mengarahkan kursor ke sel di bawah dan di kanan dari area yang ingin di-kunci. Setelah itu, klik tab ‘Tampilan’ dan pilih ‘Bekukan Panel’. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Posisikan Kursor di Bawah dan di Kanan Sel yang Akan Di-kunci

Buka file Microsoft Excel, lalu arahkan kursor ke sel di bawah dan di sebelah kanan area yang ingin di-kunci. Klik tab ‘Tampilan’ dan pilih ‘Bekukan Panel’. Klik ‘Bekukan Panel’ untuk mengaktifkan fitur penguncian tersebut.

2. Baris dan Kolom yang Akan Dikunci

Baris dan kolom yang ingin di-kunci akan terpengaruh. Dengan begitu, saat menggeser kursor ke bawah atau ke samping, kolom dan baris yang telah di-kunci akan tetap terlihat.

Cara Unfreeze Excel Baris dan Kolom

  • Untuk menghapus penguncian (unfreeze) baris dan kolom pada file Excel, klik tab ‘Tampilan’.
  • Kemudian, pilih ‘Bekukan Panel’ dan klik ‘Cairkan Panel’.
  • Dengan melakukan langkah ini, semua kolom dan baris yang sebelumnya di-kunci akan kembali normal.

Dengan demikian, itulah cara Freeze kolom dan baris di Excel. Fitur penguncian pada Excel ini dapat membantu mempermudah kamu dalam pengisian dan pengolahan data.

Exit mobile version