Banyak Event Menarik pada Gebyar Harkopda di Kabupaten Tangerang

Kliktangerang.com – Peringatan Hari Koperasi Daerah (Harkopda) Kabupaten Tangerang berlangsung meriah. Sebanyak 14 event diselenggarakan untuk menyemarakkan hari koperasi yang Ke-75 tersebut.

Selain melibatkan banyak instansi dan perangkat daerah, Gebyar Harkopda Kabupaten Tangerang yang digelar selama tiga hari ini juga didukung gerakan 60 unit koperasi. Beberapa lembaga seperti BJB, BPR, dan Kerta Raharja Gemilang juga ikut berpartisipasi.

Kegiatan ini berlangsung di pelataran Gedung Serba Guna Puspem Kabupaten Tangerang, pada 20-22 Oktober 2022 . Selain Expo Koperasi dan UMKM juga dimeriahkan dengan berbagai rangkaian lomba, pemilihan Duta Koperasi, gerak jalan, seminar perkoperasian dan juga berbagai layanan publik.

Dibuka dengan tarian lenggang puspa dari sanggar tari kirana mengundang ketertarikan masyarakat sekitar dan menambah kemeriahan pada pembukaan acara yang dihadiri oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. Kegiatan ini mengusung tema ‘Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan’.

“Maka kita wujudkan Transformasi Digital dan Peran Gerakan Milenial membangun kemandirian koperasi,” kata Ketua Pelaksana Gebyar Harkopda, E. Farida dalam keterangannya.

Harkopda memiliki berbagai tujuan, salah satunya untuk meningkatkan komitmen, apresiasi dan peran aktif segenap lapisan masyarakat terhadap pengembangan koperasi dan UMKM serta mendorong koperasi di era revolusi digital 4.0 untuk menjalankan sistem koperasi dengan berbagai pemanfaatan teknologi.

“Kegiatan Gebyar Harkopda ke-75 ini bersumber dari partisipasi dari gerakan 60 koperasi dan juga partisipasi lembaga perbankan BJB, BPR. Kerta Raharja Gemilang serta parisipasi berbagai perangkat daerah,” tutur Farida saat menyampaikan laporan kegiatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskum), Nurul Hayati menyampaikan kegiatan Gebyar Harkopda Ke-75 ini dirangkaikan pada perayaan Hari Jadi Kabupaten Tangerang ke-390 agar menjadi wahana ekspose keberhasilan kerja gerakan koperasi dan UMKM di Kabupaten Tangerang.

Baca juga:   Pemilik SMK Gema Bangsa Akan Teguran Siswa yang Konvoi dan Bakar Petasan di Jalan

Ceremonial Harkopnas sendiri telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 12 Juli 2022 bertempat di Gedung Tangerang Gemilang.

“Banyak sekali Perangkat Daerah yang terlibat, di sini ada Disdukcapil untuk pelayanan pembuatan KIA dan Akta Kelahiran, job fair dari Dinas Tenaga Kerja , Dinas Kesehatan untuk layanan Pengecekan Kesehatan, Dinas Perikanan yang mengisi Booth produk olahan perikanan dan Kemudian juga ada Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB) terkait layanan permodalan untuk para pelaku usaha mikro dan koperasi di berbagai kecamatan,” Jelas Nurul.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Koperasi Pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Yeni Yuliawati menerangkan, ada sekitar 55 booth yang turut meramaikan expo koperasi dan UMKM ini, yang diisi dengan berbagai macam produk pangan, tekstil, aksesoris dan kerajinan, sampai dengan booth pelayanan publik.

Adapun rincian kegiatan ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Lomba Cerdas Tangkas
  2. Lomba Paduan Suara
  3. Pemilihan Duta Koperasi
  4. Lomba Mewarnai Anak Paud
  5. Seminar Perkoperasian
  6. Expo Produk Koperasi dan UMKM
  7. Kegiatan Jalan Santai dengan Berbagai
  8. Doorprize menarik
  9. Penyediaan Fasilitasi Layanan Job Fair
  10. Pelayanan Dukcapil
  11. Pelayanan UPDB dan berbagai layanan KSP atau KSPPS
  12. Pelayanan Pengecekan Kesehatan
  13. Pemberian Penghargaan pada Koperasi berprestasi,
  14. Santunan Yatim Pintu Dhuafa
  15. Penebaran bibit ikan di Danau lingkungan Puspem Tigaraksa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *