Apakah Pasien Gagal Ginjal Akut Bisa Sembuh Total?

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan bahwa pasien gagal dinjal akut bisa sembuh total.

Kliktangerang.com – Angka kesembuhan gagal ginjal akut cukup menjanjikan. Per Minggu (6/11), dari 324 pasien ada sebanyak 102 di antaranya yang dilaporkan sembuh.

Seperti apa kondisi pasien yang sembuh dari gagal ginjal akut?

“Gagal ginjal akut, apalagi karena intoksikasi, begitu racunnya hilang, insya Allah sembuh total,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril dalam konferensi pers daring, Senin (7/11).

Dia menjelaskan bahwa kasus gagal ginjal akut berbeda dengan gagal ginjal kronis. Untuk kasus gagal ginjal kronis, ginjal sudah mengalami kerusakan sejak lama sehingga tidak bisa pulih 100 persen.

Kasus gagal ginjal akut di Indonesia sendiri ditengarai mulai mereda. Pada hari ini, tak ada tambahan kasus baru atau kematian yang dilaporkan.

“Kasus baru GGAPA (gangguan ginjal akut progresif atipikal) mengalami penurunan sejak saat dikeluarkannya Surat Edaran Kementerian Kesehatan pada 18 Oktober 2022 yang melarang tenaga kesehatan dan apotek buat menggunakan obat sirop pada anak,” katanya.

Saat ini, total kasus gagal ginjal tercatat sebanyak 324 kasus dengan 195 kasus kematian. Sebanyak 102 di antaranya dinyatakan sembuh dan 27 lainnya dalam perawatan di rumah sakit.

Tak cuma itu, sebagian pasien juga harus menjalani cuci darah atau hemodialisa.

“Anak ini kan mempunyai organ tubuh enggak kayak orang dewasa sehingga perlu kekhususan, apalagi masuk stadium 3 memerlukan pemulihan lebih lama,” imbuhnya.

Sejauh ini, Kemenkes telah menggunakan obat jenis antidotum Fomepizole injeksi sebagai pengobatan gagal ginjal akut. Obat penawar racun itu didatangkan secara khusus dari Singapura, Australia, Kanada, dan Jepang.

Source: cnnindonesia.com

Baca juga:   Waspada, 5 Kelompok yang Rentan Tertular HIV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *