Apakah Mobil Listrik Aman Dikendarai Saat Hujan Deras?

Apakah Mobil Listrik Aman Dikendarai Saat Hujan Deras?

Kliktangerang.com, Apakah Mobil Listrik Aman Dikendarai Saat Hujan Deras? – Seringkali menjadi pertanyaan bagi para pengguna dan pemilik mobil listrik, apakah mereka aman ketika dikendarai mobil listrik saat hujan yang lebat alias hujan deras? Baik itu tentang daya tahan baterai, logistik pengisian daya, sampai keamanan dari badai petir.

Tentunya berbagai pertanyaan tersebut didasari karena gagasan air dan listrik yang tidak dapat bersatu, bahkan terkadang dapat menjadi pemicu korsleting yang pasti sangat berbahaya.

Meskipun faktanya mobil listrik dapat dikatakan aman untuk digunakan ketika hujan lebat. Ditambah melihat kemudahan mobil listrik banyak kelebih lainnya seperti torsi instannya dan kenyamanan karena dapat mengisi daya di rumah.

Dikutip dari motorandwheels.com, mobil listrik sangat aman digunakan dalam berbagai kondisi pengoperasian. Bukan hanya basah atau keringa, tetapi bisa juga tahan dari panas dan dingin, bersih atau berdebu, dan bahkan kering atau berminyak.

Khususnya juga dapat dioperasikan ketika hujan lebat. Namun tidak dapat digunakan untuk melewati daerah banjir akibat hujan deras. Meskipun berbagai komponen pada mobil yang dijalankan dengan baterai ini telah disimpan dengan aman di dalam wadah kerap air.

Disebutkan dalam laman carandbike.com, bahwa semua baterai pada EV dilengkapi dengan Ingress Protection atau peringkat IP. Dengan demikian, kode ini mampu menilai tingkat perlindungan mekanis terhadap segala debu, kontak tindak disengaja, dan air.

Lalu ketika dalam satu waktu pengemudi terjebak dalam badai petir, direkomendasikan agar berhenti terlebih dahulu. Jika petir menyambar kendaraan, maka tegangan tersebut akan berpindah ke logam bodi, ban, dan kemudian ke tanah.

Meskipun mobil listrik saat ini kebanyakan telah dilengkapi sistem ground-fault, yang dibuat untuk menguji sambungan listrik antara sistem tegangan tinggi dan bodi kendaraan logam. Sistem ini juga akan mendeteksi gangguan tanah yang akan mematikan pasokan listrik ke komponen tegangan tinggi.

Baca juga:   Cara Merawat Mobil Listrik yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *