Berita Tangsel

Bahan Baku Pabrik Tembakau Gorila di Tangsel Mencapai Miliaran Rupiah 

Kliktangerang.com – Pengungkapan pabrik tembakau sintetis atau tembakau gorila yang ternyata berada di salah satu apartemen di wilayah Tangerang Selatan, masih berlanjut.

Kali ini, polisi berhasil membongkar jaringan tersebut lebih luas dengan menggerebek gudang penyimpanannya yang berlokasi di kawasan Kabupaten Bogor, Jumat, 10 September 2021 lalu.

Dalam penggerebekan tersebut, jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Tangsel turut mengamankan empat tersangka baru, yakni GL, WH, AN, dan ER.

“Ini merupakan pengembangan dari penangkapan di salah satu tempat yang diduga sebagai industri rumahan. Ada yang di satu apartemen di Tangsel, Gunung Sindur dan penyebarannya sampai ke daerah Sulawesi,” ujar Wakapolres Tangsel Kompol Lalu Hedwin Hanggara, Rabu, 22 September 2021.

Selain keempat tersangka baru, polisi juga berhasil menyita puluhan kilogram bahan baku berupa serbuk kuning dari gudang tersebut.

“Serbuk kuning ini merupakan bahan baku dari tembakau sintetis atau istilahnya tembakau gorila. Dari total yang diamankan, sejumlah lebih dari 24 kilogram,” ungkap Lalu.

Selain bahan baku tersebut, polisi pun turut menyita bahan baku lainnya, seperti narkotika jenis sabu senilai 0,4 gram yang dikonsumsi tersangka, dua botol alkohol, timbangan digital, dan alat-alat lainnya.

Lalu mengatakan puluhan kilogram serbuk kuning tersebut dapat diolah menjadi tembakau gorila siap edar dengan jumlah yang sangat fantastis, yakni hingga ratusan kilogram.

Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polres Tangsel saat meringkus ke 4 pelaku, Rabu, 22 September 2021.

“Sebanyak 900 kilogram, dan apabila dikonversikan ke dalam uang maka akan mencapai Rp24,5 miliar. Ini adalah jumlah yang cukup besar ya. Alhamdulillah Satresnarkoba berhasil mengamankan dan menggagalkan peredaran bahan narkotika di tengah masyarakat,” tuturnya

Keempat pelaku yang masing-masing memiliki peran berbeda itu, terancam dihukum mati lantaran telah melanggar pasal berlapis.

Mereka disangkakan Pasal 114 (2) subsider 112 (2) subsider 112 (1) subsider 132 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia No. 35/2009 tentang narkotika.

“GL berperan sebagai penerima serbuk kuning, WH dipercayakan menyimpan membungkus hingga mengirim paket itu. WH dibantu oleh ER dan AN dalam pekerjannya itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Kota Tangerang Selatan berhasil mengungkap sentra pembuatan narkotika jenis tembakau sintetis yang ternyata bersembunyi berlokasi di salah satu apartemen di kawasan Tangerang Selatan.

Dalam pengungkapan pabrik berkedok apartemen itu, polisi mengamankan sembilan orang tersangka, yang diantaranya berinisial GR, MN, AS, AN, FL, AG, VC, PR, dan RH.

Mereka diciduk di lokasi berbeda, beserta barang bukti tembakau jenis sintetis yang diproduksinya dengan berat mencapai 1,484 kilogram.

Source: Tangerangnews

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button