Teknologi

Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Kliktangerang.com – Metamorfosis merupakan sebuah siklus pertumbuhan alamiah pada sebuah makkhluk hidup. Ada istilah metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Apa perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna?

Sebelum lebih jauh membahas perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, mari kita ketahui ciri-cirinya berikut ini.

Ciri-ciri Metamorfosis Sempurna

Ciri-ciri metamorfosis sempurna ialah terjadinya perubahan yang siginifikan terhadap bentuk dari organisme itu sendiri. Contohnya dari dalam telur, larva kemudian menetas sampai dewasa.

Selain itu hanya hewanlah yang dapat melalui tahapan metamorfosis.

Artinya, organisme yang mengalami metamorfosis sempurna akan mengalami perubahan bentuk pada saat ia menginjak usia dewasa. Lantas apa yang disebut dengan metamorfosis tidak sempurna?

Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Berikut adalah ulasan tentang perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, mari simak!

Salah satu ciri utama yang dapat digunakan sebagai indikator akan terjadinya proses metamorfosis sempurna ialah terjadinya perubahan bentuk fisiologis yang terjadi pada hewan.

Sementar, metamorfosis tidak sempurna membuat bentuk hewan tersebut tidak mengalami perubahan, dari mulai telur, lahir sampai dewasa.

Tahapan Metamorfosis

Berikut adalah tahapan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna:

  • Tahapan metamorfosis sempurna:
    Telur > Larva > Pupa/Kepompong > Dewasa

Seperti yang ketahui bahwa nimfa merupakan bentuk ukuran hewan saat masih muda. Namun bentuk tersebut tidak mengalami perubahan sampai ia berubah menjadi dewasa. Hal demikianlah yang dinamakan sebagai metamorfosis tidak sempurna.

Selain itu, kecoa juga merupakan hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Tidak adanya perubahan yang terjadi secara signifikan pada fisiologis kecoa membuatnya termasuk dalam hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Contoh Metamorfosis Sempurna

Beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna diantaranya adalah:

  • Kupu-kupu
    Telur > Ulat > Kepompong > Kupu-kupu
  • Nyamuk
    Telur > Larva/jentik > Pupa > Nyamuk
  • Katak
    Telur > berudu > berudu dua kaki > berudu empat kaki > katak muda > katak dewasa

Manfaat Metamorfosis

Adapun manfaat dari terjadinya proses metamorfosis baik terhadap manusia maupun terhadap lingkungan sekitarnya. Diantaranya adalah:

1. Kepompong Ulat Sutra

Manfaat metamorfosis yang pertama ialah pemanfaatan sutra yang disakan oleh ulat sutra pada tahap metamorfosis menjadi kupu-kupu, tentunya hal ini bermanfaat bagi manusia mengingat bahwa sutra menjadi bahan dasar berkualitas dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

2. Kupu-kupu Membantu Penyerbukan

Manfaat yang kedua ialah membantu penyerbukan tanaman-tanaman lain, seperti yang kita ketahui bahwa kupu-kupu menjadi salah satu organisme yang memberikan manfaat pada tumbuhan lain.

Demikian adalah ulasan tentang perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna beserta contohnya. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan baru untuk anda sekalian.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button